https://kudus.times.co.id/
Berita

Presiden Jokowi Ungkap Kesiapan Keppres Pemindahan IKN

Rabu, 18 September 2024 - 19:14
Presiden Jokowi Ungkap Kesiapan Keppres Pemindahan IKN Presiden Jokowi memberikan keterangan pers soal Kepres Pemindahan IKN. (FOTO: Humas Setkab)

TIMES KUDUS, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan terkait Keputusan Presiden (Kepres) tentang Pemindahan IKN (Ibu Kota Negara) diperlukan kesiapan yang menyeluruh.

“Kita melihat itu kesiapan betul-betul. Di sana harus betul-betul siap, kalau hanya tandatangan gampang,” tegas Presiden Jokowi menanggapi Kepres tentang Pemindahan IKN di Jakarta, Rabu (18/9/2024).

Presiden Jokowi mengatakan, soal penandatanganan terkait pemindahan IKN bisa dilakukan dengan mudah oleh dirinya maupun presiden terpilih berikutnya, Prabowo Subianto.

“Yang lebih penting adalah kesiapan IKN secara keseluruhan. Kalau yang namanya sudah ditandatangani, pindah itu semuanya harus siap,” kata Presiden Jokowi.

Kepala Negara menjelaskan terkait pemindahan IKN ada berbagai aspek yang harus dipersiapkan seperti infrastruktur dan sumber daya manusia. Ia juga menyebut proses pemindahan ini lebih kompleks, mengingat skala besar pemindahan sebuah ibu kota.

“Pindahan rumah saja ruwetnya kayak gitu, ini pindahan Ibu Kota, semuanya harus dihitung,” jelas Presiden Jokowi didampingi Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri ESDM Bahlil Lahadalia dan Menteri ATR Agus Hartimurti Yudhoyono serta Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Presiden pun menggarisbawahi pentingnya perhitungan matang terhadap ekosistem pendukung di IKN. Presiden mengingatkan bahwa ekosistem pendukung seperti logistik, fasilitas pendidikan, dan layanan kesehatan juga harus dipersiapkan dengan baik agar pemindahan dapat berjalan lancar dan berkelanjutan.

“Logistik seperti apa? Sekolah untuk anak-anak yang nanti disana siap ndak? Rumah sakitnya siap ndak? Tidak hanya urusan kita pindah, kalau hanya orangnya hanya bawa baju,” tandas Presiden Jokowi. (*)

Pewarta : Ahmad Nuril Fahmi
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Kudus just now

Welcome to TIMES Kudus

TIMES Kudus is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.